This Must Be the Place (2011); hanya untuk penggemar Sean Penn


Sutradara: Paolo Sorrentino

Aktor/aktris: Sean Penn (Cheyenne), Frances McDormand (Jane), Mary (Eve Hewson)

Cheyenne adalah seorang mantan vokalis band rock yang sekarang hidup di Dublin. Kematian ayahnya membuat dia harus pergi ke New York. Disana ia mengetahui bahwa ayahnya mempunyai keinginan untuk menemukan Aloise Lange, seorang Nazi yang pernah mempermalukannya di kamp (ya, ayahnya Jew). Walaupun Cheyenne sudah lama tidak berbicara dengan ayahnya, ia memutuskan untuk mencari Aloise Lange yang berada entah dimana di Amerika.

Pada 30 menit pertama film kita diperkenalkan dengan karakter Cheyenne yang sudah bosan dengan kehidupannya pasca pensiun. Ia mencoba menghabiskan waktu dengan berbelanja, mencoba bermain saham, sampai bermain squash dengan istrinya Jane. Cheyenne, yang masih memakai make-up gothic layaknya mau pentas, pun mencoba menjodohkan Mary, seorang fan girl, dengan Desmond yang sama sekali tidak mengerti musik rock.

Harus saya akui filmnya sendiri secara keseluruhan tidak begitu bagus. Terlalu dipaksakan dan sedikit mengecewakan. Dengan cerita bertokoh seorang mantan rockstar, saya akan lebih senang jika film ini menceritakan kehidupan Cheyenne pasca pensiun saja (seperti 30 menit awal film tapi diperpanjang). Bumbu perjalanan pencarian orang yang sama sekali tidak memerlukan tokoh mantan rockstar saya rasa mubazir. Apalagi jika melihat hubungan Jew-Nazi di film ini, rasanya hubungan tersebut dihilangkan pun tidak apa-apa. Toh, cerita tidak akan berubah banyak, hanya seorang anak yang membalaskan dendam almarhum ayahnya.

Untuk film yang disebut road movie, film ini justru terlalu sedikit konflik di perjalanannya. Chayenne memang bertemu banyak orang di perjalanannya, banyak percakapan yang terjadi, tapi tidak ada konflik yang maksimal, malah seakan perjalanannya lancar-lancar saja. Terlalu banyak ide dalam fikiran Paolo Sorrentino, sepertinya ingin dia masukkan semua ke dalam filmnya ini. Benar-benar dipaksakan, untung saja dia juga memasukkan unsur komedi. Jujur saja, ketika menonton film ini saya tidak peduli apakah Cheyenne akan berhasil menemukan Lange. Yang membuat saya tetap menontonnya sampai akhir tidak lain adalah Sean Penn.

Waktu saya kecil, saya pernah mengira Sean penn retard beneran gara-gara nonton I am Sam. Mungkin jika saya menonton film ini ketika masih kecil, saya juga akan mengira dia mantan rockstar. Dengan rambut gondrong urakan dan make-up gothic, Sean Penn tampil meyakinkan apalagi ditambah cara jalan dan nada bicaranya yang pelan seperti orang yang sudah capek dengan kegilaan masa mudanya. Seperti menonton reality show Ozzy Osbourne dengan tingkah laku dan punch line yang lucu. Menurut saya, film ini memang hanya bagus ditonton kalau kalian adalah penggemar Sean Penn atau kalian yang ingin melihat Sean Penn bermake-up dan berakting gothic.

Advertisements

4 thoughts on “This Must Be the Place (2011); hanya untuk penggemar Sean Penn

  1. ringkasan yg tepat om,.
    saya baru aja nonton,.(setelah kehabisan koleksi film yg ada,akhirnya nonton juga).
    film ini bergenre ga jelas ya om..sepertinya jadi sekedar curhat ataupun ekspresi diri dari sutradaranya..terlalu banyak scene2 yg ga perlu,atau bahkan tak berhubungan sama sekali.
    sedikit nilai plus,saya menikmati gambar2 pemandangan sepanjang jalan yg di lalui sean penn.
    dengan sudut2 yg saya rasa artistik lah..hehe.
    tapi saya nonton sampe juga sampe abis…:D
    dan pada akhirnya saya ngga ngerti ini…film apakah ini,…

    • wuaaa saya dipanggil ooom (T_T) *nangis di pojokan* *kemudian garuk2 tanah*

      iya, kalo dari pengalaman saya nonton film perjalanan sih either filmnya kuat di cerita, scenery (pemandangan), or both (jarang nih)!
      nah yang ini boleh deh ya pemandangannya bagus tapi ceritanya ehm…

      kalo menurut saya sih, ngga usah susah2 dingertiin banget kalo emang filmnya ga ada ceritanya (atau ceritanya jelek) hehehehe :p

  2. Hai, saya dari Muvila.com boleh minta kontak emailnya gak? Kita mau kumpulin database movie blogger untuk kita undang ke acara kita yang terdekat untuk movie blogger. Langsung aja ya mention ke @nizarland atau email ke nizar@muvila.com biar saya bisa responnya cepet. Thanks anyway 🙂

  3. saya juga baru nonton nih 2 hari yg lalu…
    untung yg main sean penn… jd nya penasaran sm akhirnya….
    meski kecewa dengan filmnya.. tp tdk dengan sean penn nya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s